gadai bpkb motor di pegadaian syariah

Bunga, Cara & Syarat Gadai BPKB Motor di Pegadaian Syariah

Gadai Syariah mungkin merupakan hal baru yang belum banyak dikenal. Gadai bpkb motor di pegadaian syariah menjadi hal yang penting jika kamu ingin berusaha menghindari hukum Riba, terutama bagi yang beragama muslim. Gadai bpkb di pegadaian syariah menggunakan prinsip prinsip dan aturan syariah sesuai dengan aturan dari MUI dan pegadaian syariah merupakan BUMN sehingga izinnya sangat jelas. Nah karena berbeda dengan yang gadai bpkb motor di pegadaian konvensional, maka syarat gadai bpkb motor di pegadaian syariah akan ada sedikit perbedaan.

Kali ini Pawon akan menjelaskan tentang pegadaian syariah bpkb motor. Mulai dari syarat pegadaian syariah, besaran bunga gadai hingga cara gadai bpkb motor syariah. Silahkan disimak hingga akhir, sampaikan di kolom komentar apabila ada yang belum paham, Insyaallah saya akan balas maksimal 1×12 jam.gadai bpkb motor di pegadaian syariah

A. Kelebihan Gadai Bpkb Motor Di Pegadaian Syariah

Selain dengan menggunakan prinsip syariah, terdapat berbagai kelebihan gadai bpkb motor di pegadaian syariah yang lainnya. Bahkan syarat gadai bpkb motor di pegadaian syariah juga tidak terlalu rumit. Berikut beberapa kelebihannya.

1. Proses cepat, 15 menit langsung cair

Dalam pegadaian syariah, untuk menggadaikan bpkb motor terdapat dua skema atau dua produk yaitu RAHN dan ARRUM. Untuk RAHN, proses gadai sangat cepat. Bahkan proses yang dibutuhkan hanya 15 menit saja, menurut informasi dari pegadaian syariah. Sehingga bagi kamu yang membutuhkan dana cepat atau pinjaman uang cepat cair, gadaikan saja bpkb motor di pegadaian syariah.

2. Menggunakan prinsip syariah, menghindari riba

Banyak orang yang beragama muslim berusaha untuk menghindari pinjaman uang di bank karena takut atau ragu ragu dengan adanya riba. Oleh karena itu gadai motor di pegadaian syariah merupakan solusi yang tepat untuk menghindari riba. Meskipun mungkin masih ada yang ragu ragu, akan tetapi dengan adanya prinsip syariah maka diharapkan akan semakin memantapkan diri untuk gadai syariah bpkb motor di pegadaian syariah.

3. Tidak ada bunga, hanya membayar ijaroh

Dalam konsep pegadaian syariah tidak dikenal adanya bunga. Namun bunga pegadaian syariah ini digantikan dengan ijaroh atau biaya pemeliharaan agunan dan beberapa istilah yang lainnya. Sehingga dengan tidak adanya bunga dan syarat gadai bpkb motor di pegadaian syariah yang mudah akan membuat kamu semakin yakin memanfaatkan fasilitas ini.

B. Syarat Gadai Bpkb Motor Di Pegadaian Syariah

Gadai bpkb motor di pegadaian syariah sebenarnya memiliki syarat yang hampir sama dengan pegadaian konvensional. Yang membedakan adalah adanya akad sebagai syarat gadai bpkb motor di pegadaian syariah. Berkas syarat pegadaian syariah juga hampir sama. Namun ada dua produk syariah untuk gadai bpkb motor syariah di pegadaian yang ada sedikit perbedaan.

Untuk detail dari syarat gadai bpkb motor di pegadaian kamu bisa cek di halaman syarat gadai BPKB motor di pegadaian. Aku bahas cukup detail di sana. Kalau di halaman ini perskema gadai syariah yang aku bahas.

1. Skema Gadai RAHN

Gadai bpkb di pegadaian syariah yang pertama adalah RAHN (pembiayaan gadai syariah). Pegadaian syariah bpkb motor ini prosesnya hanya 15 menit dan langsung bisa membawa uang pulang. Tidak ada bunga pegadaian syariah, namun digantikan dengan munah dan ijaroh.

Peruntukan: Bagi siapapun yang memiliki BPKB dan STNK motor Asli. Peruntukan uang bisa untuk apa saja, tidak harus untuk usaha.

Bisakah gadai BPKB motor tanpa motor? Kamu bisa membaca detail syaratnya di halaman Gadai BPKB Motor di pegadaian tanpa Motor.

Cara gadai:

Datang ke pegadaian – Barang (Marhun) ditaksir harganya – Menyerahkan syarat – Uang diserahkan

Ketentuan:

  • Besarnya pinjaman hingga 92% dari harga taksiran
  • Besarnya mun’ah adalah 0,73% per 10 hari dari harga taksiran.
  • Besarnya ijaroh adalah 5-7 % pertahun
  • Tenor pembayaran 1-120 hari
  • Bisa diperpanjang dengan membayar ijaroh saja
  • Tidak perlu buka rekening, uang diserahkan tunai

Syarat:

  • BPKB asli diserahkan sebagai agunan
  • STNK asli dibawa untuk ditunjukkan
  • Fotokopi STNK
  • Fotokopi KK
  • Fotokopi KTP

Nah itu syarat gadai bpkb motor di pegadaian syariah beserta cara gadainya. Persyaratannya mudah dan tanggungan mun’ah serta ijaroh tidak terlalu besar sehingga tidak memberatkan. Kamu juga masih bisa menggunakan kendaraan untuk aktivitas sehari hari.

2. Skema Gadai Arrum

Gadai bpkb di pegadaian syariah yang selanjutnya adalah Arrum atau Ar Rahn Untuk Usaha Mikro. Pegadaian syariah bpkb motor ini menerapkan angsuran setiap bulan hingga waktu tenor yang dipilih. Tidak ada bunga pegadaian syariah, akan tetapi diperhitungkan mun’ah perbulan tanpa ada ijaroh.

Peruntukan:

Diperuntukkan bagi yang memiliki usaha mikro yang sudah berjalan minimal 1 tahun

Cara gadai:

Pengajuan – Verifikasi dokumen dan usaha – Survey – Persetujuan – Pinjaman

Ketentuan:

  • Besarnya pinjaman maksimal 70% dari taksiran kendaraan
  • Besarnya mun’ah 0,7% perbulan dari harga taksiran kendaraan
  • Tenor 12,24,36 bulan

Syarat gadai BPKB syariah:

  • Memiliki usaha minimal sudah 1 tahun
  • BPKB motor asli diserahkan
  • STNK motor asli ditunjukkan
  • Fotokopi KK
  • Fotokopi KTP
  • Nah itu  syarat gadai bpkb motor di pegadaian syariah untuk Arrum dan cara serta ketentuannya. Tarif mun’ah ini kompetitif dan menerapkan prinsip syariah dengan akad sehingga akan lebih syar’I dan meyakinkan.

Sekian tadi bahasan tentang syarat gadai bpkb motor di pegadaian syariah beserta langkah langkahnya. Silahkan tinggalkan komentar apabila bahasan gadai bpkb motor di pegadaian syariah masih kurang jelas. Akun akan segera menjawab Insyaallah maksimal 1×12 jam.

Tinggalkan komentar