√#5 Peluang Usaha di Desa Berkembang : Mainstream tapi LAKU

√#5 Peluang Usaha di Desa Berkembang : Mainstream tapi LAKU

Peluang usaha di Desa Berkembang. Jaman sekarang, hidup di perkotaan sudah sangat ramai dan penuh sesak dengan orang-orang sehingga tingkat  kenyamanannya berkurang. Kendaraan padat merayap sehingga polusi dimana mana dan udara menjadi tidak segar lagi. Memang hidup di kota memiliki beberapa nilai tambah seperti mudahnya akses kemana mana dan mudahnya mencari apapun yang kita butuhkan. Kita juga akan lebih mudah mencari pekerjaan di kota.

Namun tidak berarti hidup di desa tidak bisa bekerja. Kalian merupakan orang desa yang belum bekerja dan bingung apa yang bisa kalian lakukan selama menganggur? Tenang, ada beberapa jenis usaha mudah yang bisa kalian lakukan dari rumah dan bisa menjadi sumber pemasukan yang lumayan. Peluang usaha di desa berkembang modal kecil

Peluang Usaha di Desa

Ada sangat banyak peluang usaha yang bisa kita lakukan di desa walaupun akses dan komunikasi tidak semudah di kota. Selama kita mau mencoba, segala jenis aspek bisa kita jadikan usaha yang menghasilkan.

1. Kerajinan Tangan

Jenis usaha yang bisa kalian lakukan dari desa salah satunya adalah membuat kerajinan tangan. Dengan bermodal sedikit sedikit uang dan tutorial dari youtube, kalian bisa  memulai usaha ini. Kerajinan tangan yang bisa kalian buat misalnya saja bros, syal atau buket bunga flanel. Untuk membuat kerajinan tangan, kalian tentu harus telaten.

Penulis ambil contoh buket bunga flanel. Sudah sangat banyak video tutorial pembuatan buket bunga flanel di youtube. Kalian hanya perlu menonton dan mempraktekannya. Jika sudah lihai, kalian bisa langsung membuat beberapa model untuk dipasarkan.

Pemasarannya sendiri bisa kalian lakukan secara offline maupun online. Pemasaran secara offline bisa kalian lakukan dengan mendatangi toko souvenir atau toko toko di pasar untuk menitipkan hasil tangan kalian. Pemasaran online bisa kalian lakukan dengan mempostingnya di sosial media dan marketplace seperti Shopee, Buka Lapak dan Tokopedia.

Secara jangkauan, kalian akan lebih banyak menjangkau pasaran online karena seluruh pengguna sosial media dan marketplace bisa melihat produk kalian. Harga yang kalian pasang pun juga bisa sedikit lebih tinggi sehingga keuntungan yang kalian dapatkan akan lebih banyak.

2. Berjualan Jus

Usaha kedua yang bisa kalian lakukan adalah berjualan jus. Dengan bermodalkan blender dan beberapa jenis buah, kalian sudah bisa memulai usaha ini. Tidak perlu muluk-muluk, kalian bisa menjual beberapa jenis jus saja yang sekiranya digemari oleh orang orang di sekitar kalian.  Misalnya jus jambu, alpukat dan mangga saja.

Selain menambah penghasilan, kalian juga membantu pembeli untuk hidup lebih sehat karena buah sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sasaran pasar kalian bisa dari segala umur sehingga peluang laku cukup tinggi. Kalian bisa berjualan jus secara nomaden atau berpindah. Maksudnya adalah kalian bisa berjualan di sekolah dengan sasaran pasar anak anak di pagi hari dan berjualan di rumah pada siang sampai sore hari.

Kekurangannya dari berjualan jus ini adalah apabila kalian salah memprediksi kebutuhan buah perharinya, akan ada buah yang membusuk dan harus dibuang. Untuk mengantispasinya, kalian bisa membeli kulkas atau pendingin untuk menyimpan buah yang tidak habis pada hari itu sehingga bisa  digunakan di hari berikutnya.

3. Jualan Pulsa : Peluang usaha di desa laris manis

Selanjutnya, kalian juga bisa berjualan pulsa baik pulsa untuk HP maupun pulsa untuk token listrik. Seperti yang kita tahu, hampir semua orang memiliki HP baik anak kecil, dewasa maupun orangtua. Listrik pun sekarang banyak yang menggunakan pulsa sehingga berjualan pulsa merupakan peluang yang cukup bagus untuk dijalankan.

Dengan modal HP yang tidak perlu android maupun HP mahal lain dan juga uang 100 ribu, kalian sudah bisa memulai jualan pulsa. Keuntungan yang dapat kalian peroleh per transaksinya juga bervariasi antara 800-2.000 tergantung jenis pulsa yang dibeli dan tarif yang kalian tentukan.

Namun peluang usaha di desa berjualan pulsa ini memiliki resiko dihutang karena seperti yang kita tahu, menghutang pulsa seperti sudah menjadi budaya. Untuk mengatasinya, kalian harus tegas menagih dan mengingatkan agar pembeli membayar dengan tertib. Selain it, kalian juga bisa menyediakan modal yang lebih banyak agar perputaran uangnya bisa berjalan terus.

4. Jasa Potong Rambut

Selanjutnya, kalian bisa membuka jasa potong rambut di desa kalian. Modal yang dibutuhkan cukup beberapa alat cukur, sisir dan kaca yang besar. Kalian tidak jago memangkas rambut? Tenang, kalian bisa belajar dengan melihat video tutorial dari youtube karena disana pastinya ada banyak video yang bisa kalian jadikan acuan untuk belajar.

Nantinya, mungkin saja kalian bisa mengembangkan jasa potong rambut ini menjadi salon kecantikan terutama untuk wanita. Jasa potong rambut yang kalian buka juga bisa kalian khususkan untuk wanita saja atau laki laki saja sehingga  pelanggan akan lebih nyaman. Kalian juga bisa menentukan tarif potong rambut ini sesuai kemauan kalian.

5. Penitipan Anak

Terakhir, kalian dapat mencoba membuka jasa penitipan anak. Usaha yang bisa kalian lakukan tanpa modal ini juga cukup berpeluang bagus. Kalian hanya perlu menyediakan waktu dan kesabaran karena seperti yang kita tahu, anak kecil sangat tidak bisa diprediksi. Jasa penitipan anak cukup berguna bagi ibu ibu yang mempunyai anak kecil namun harus bekerja, sedangkan suaminya juga bekerja.

Selain materi atau uang, kalian juga bisa belajar kesabaran dan belajar merawat anak untuk kalian yang belum memilikinya. Kalian bisa memahami karakter anak dari cara berperilakunya sehingga saat memiliki anak, kalian sudah memiliki bekal.

Hal yang harus kalian perhatikan jika ingin membuka usaha ini adalah kehati-hatian dalam merawat anak tersebut selama dititipkan. Karena selama anak tersebut dititipkan pada kalian, kalian bertanggungjawab penuh atas anak tersebut.

Cukup banyak bukan usaha yang bisa kita lakukan di desa? Walaupun hidup di desa tidak semudah di perkotaan secara akses jalan maupun komunikasi, namun untuk urusan pekerjaan juga banyak yang bisa dijadikan peluang. Dan juga hidup di desa lebih nyaman karena udaranya yang masih sejuk.

Selamat mencoba, semoga berhasil, aamiin.

Tinggalkan komentar