peluang usaha franchise

√#5 Peluang Usaha Franchise Terlaris yang Menguntungkan

Banyak yang mengeluh tentang susahnya mendapatkan pekerjaan karena banyaknya lulusan tidak sebanding dengan adanya lapangan pekerjaan yang tersedia. Apakah kalian termasuk salah satu dari orang tersebut? Nah, kalian tidak perlu khawatir karena kalian sebenarnya bisa mencoba membuat lapangan kerja daripada mencari pekerjaan.

Saat ini, sudah sangat banyak orang berwirausaha dan sukses dalam menjalankan usahanya. Contohnya saja usaha Franchise. Tentu kalian sering mendengar tentang Franchise kan? Franchise yang banyak kita temukan antara lain indomaret dan alfamart.peluang usaha franchise

Peluang Usaha Franchise

Franchise menjadi salah satu usaha yang sangat berkembang karena pemasarannya tidak sesulit memasarkan produk dengan brand atau merk baru. Kita hanya perlu membayarkan sejumlah uang kepada pemilik brand sesuai kesepakatan agar kita bisa memasarkan produk tersebut.

Lalu apa saja produk yang bisa kita Franchise? Yuk kita bahas beberapa produk Franchise yang saat ini banyak tersebar di banyak wilayah di Indonesia.

1. Thai Tea

Pasti kalian sudah sangat mengenal produk yang satu ini. Yups, Thai tea merupakan jenis minuman dengan campuran susu dan teh. Thai tea merupakan produk yang sangat laris dengan banyak varian rasa dan harga yang tergolong murah. Thai tea sendiri sudah memiliki banyak merk sesuai dengan produsen masing masing dan rasa yang berbeda walaupun notabene, sebagian komposisinya sama.

Contoh thai tea yang bisa kita Franchise diantaranya ada Chatime, Rachacha, Fremilt dan Cagocha. Dari semua merk thai tea tersebut, semuanya memiliki ciri khas dan keunikan masing masing. Harga yang ditawarkan pun bervariasi antara 8.000-40.000 tergantung wilayah pemasaran.

Kelebihan dari Franchise thai tea ini adalah modal yang terbilang sedikit dibandingkan dengan franchise produk lain. Untuk frenchise Fremilt misalnya, kalian hanya perlu mengeluarkan sekitar 12 juta dan kalian bisa segera memulai usaha. Selain itu, keuntungan yang diperoleh pun lumayan tinggi.

Walaupun sudah sangat banyak gerai thai tea dengan merk berbeda, namun berjualan thai tea seperti tidak ada ruginya karena minuman merupakan sesuatu yang selalu dibutuhkan oleh orang orang. Jadi, tidak ada salahnya kalian mencoba franchise thai tea ini.

2. Kebab

Produk yang bisa kita franchise selanjutnya adalah kebab. Kebab merupakan makanan dari Turki yang sekarang sudah sangat banyak dipasarkan di Indonesia. Rasa dan harga kebab yang terbilang enak dan murah, saat ini banyak digemari sebagai makanan utama atau sekedar cemilan. Kebab bisa berisi daging fillet, sosis, maupun isian lain yang cocok dengan lidah kita sehingga dengan memakan satu porsi saja sudah bisa membuat kita kenyang.

Beberapa merk kebab yang bisa kita franchise diantaranya ada Kebab Baba Rafi dan Arofah Kebab. Masing masing produk tentunya memiliki resep rahasia yang membedakan rasa kebab satu dengan yang lain sehingga untuk franchise yang satu ini, kita harus pandai memilih agar nantinya bisa laris. Misalnya saja orang orang di wilayah tertentu lebih suka dengan ciatarasa dari kebab yang asin, maka kalian harus survey dulu untuk menentukan merk mana yang menyediakan kebab dengan rasa asin yang lebih.

Sayangnya, untuk frenchise kebab ini kalian membutuhkan lebih banyak modal karena harga frenchise kebab yang tinggi dan tidak semurah untuk frenchise thai tea. Namun untuk pasar, kebab juga bisa sangat laris dan sangat menguntungkan apabila kalian memilih lokasi yang tepat.

3. Makaroni

Franchise lain yang bisa kalian coba adalah makaroni. Makaroni merupakan cemilan kering yang lumayan banyak digemari oleh anak muda karena rasanya yang gurih dan harga yang bisa dibilang terjangkau. Selain itu, sekarang banyak makaroni yang dijual dengan banyak varian rasa, misalnya barbeque, jagung manis atau pedas. Rasa pedas pun bisa disediakan dalam beberapa level sehingga bisa menyesuaikan dengan lidah kita.

Modal atau biaya yang perlu kita keluarkan untuk membuka franchise pun terbilang tidak banyak untuk ukuran franchise di bidang makanan. Cukup dengan sekitar 13 juta, kalian sudah bisa memulai usaha ini. Beberapa contoh merk makaroni yang bisa kalian franchise yaitu makaroni ngene, makaroni move on dan makaroni ngehe.

Kelebihan franchise makaroni ini diantaranya harga per porsinya yang terbilang murah dan rasanya yang variatif sehingga bisa menyesuaikan dengan apa yang kita senangi, sehingga layak dicoba karena untuk menarik perhatian konsumen pun jadi lebih mudah. Lokasi atau pasar yang bisa kita pilih untuk penjualan pun banyak, mulai dari perkampungan yang notabene banyak anak kecil yang suka jajan, area kampus dengan banyak mahasiswa yang suka cemilan, sampai ke perumahan atau perkantoran.

4. Indomaret atau Alfamart

Selanjutnya, kita bisa franchise Indomaret atau Alfamart. Tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan 2 waralaba ini. Gerai yang sudah tersebar dimana mana bahkan sampai ke pelosok pelosok desa ini mempunyai prospek yang sangat bagus. Toko kelontong modern yang menyediakan segala jenis kebutuhan dalam satu pemberhentian sehingga memudahkan konsumen dalam menghemat waktu saat berbelanja.

Sudah tidak diragukan lagi bahwa usaha franchise indomaret dan alfamart ini sangat menguntungkan dan mudah karena kita hampir tidak perlu mencari konsumen. Tempat untuk mendirikan usaha inipun bisa dimana saja asalkan memenuhi persyaratan agar bisa franchise dengan ke dua waralaba ini.

Namun kalian harus megeluarkan modal yang cukup besar karena seperti yang kita tahu, produk yang diperlukan untuk mengisi gerai tidak sedikit. Misalnya untuk franchise indomaret, kalian membutuhkan uang kurang lebih 400 juta. Belum lagi kalian juga harus memiliki tanah dan ijin usaha agar indomaret bisa didirikan di loaksi tersebut. Namun dengan omset yang didapatkan, frenchise ini juga menguntungkan untuk dilakukan.

5. Ekspedisi

Yang terakhir, kalian bisa mencoba bisnis frenchise ekspedisi. Ekspedisi merupakan jasa pengiriman yang memudahkan kita dalam mengirim barang untuk jarak jauh. Majunya teknologi saat ini menyebabkan banyaknya pasar online yang tentunya sangat menguntungkan bagi konsumen dan juga memudahkkan karena mereka tidak perlu repot keluar rumah namun sudah bisa berbelanja.

Bermula dari pasar online itulah, penyedia jasa ekspedisi sangat dibutuhkan untuk mendukung pasar online tersebut. Beberapa contoh penyedia jasa ekspedisi diantaranya ada JNE, J&T dan Wahana. Jasa ekspedisi tersebut tentunya sudah tidak asing bagi kalian karena gerainya yang sudah tersebar dimana mana. Banyaknya pasar online seperti Shopee, Tokopedia dan Buka Lapak membuat jasa ekspedisi menjadi salah satu usaha yang sangat menguntungkan.

Modal yang perlu kalian sediakan untuk membuka franchise ini sekitar 50 juta dengan sistem bagi hasil. Dengan modal yang tidak teralu besar tersebut, kalian bisa mendapat keuntungan yang lumayan besar karena banyaknya konsumen yang menggunakan jasa ekspedisi. Kalian juga tidak perlu mencari karyawan karena kalian bisa menghandle usaha tersebut sendiri.

Nah, apakah kalian sudah memikirkan ingin usaha frenchise apa? Semoga pilihan pilihan di atas bisa memudahkan kalian untuk menentukan pilihan dan bermanfaat ya !

Tinggalkan komentar