√#5 Peluang Usaha untuk Mahasiswa dengan Sedikit Waktu dan Modal

√#5 Peluang Usaha untuk Mahasiswa dengan Sedikit Waktu dan Modal

Dewasa ini, banyak orang yang bingung dan susah mendapatkan pekerjaan terutama fresh graduate. Entah karena lowongan yang sedikit, orangnya terlalu pemilih dan masih banyak sebab lain. Disini penulis mencoba membuka pemikiran kalian agar tidak menjadi job seeker alias pencari kerja, namun kalian bisa mencoba menjadi job maker alias pencipta pekerjaan. Dan semua ini bahkan bisa kamu lakukan sejak sebelum lulus kuliah, atau sebagai peluang usaha untuk mahasiswa yang memiliki sedikit waktu dan modal kecil.

Seperti yang sudah kita ketahui, sekarang sebagian besar kegiatan dilakukan secara online. Misalnya saja beli tiket kereta dan tiket pesawat. Nah, kalian juga bisa berjualan di pasar online. Sudah banyak platform yang menyediakan tempat untuk kalian berjualan. Ada WhatsApp, instagram, Shopee, Tokopedia, BukaLapak dan masih banyak lagi.Peluang usaha untuk mahasiswa

Peluang Usaha untuk Mahasiswa Modal Minimalis Hasil Optimis

Komoditas yang bisa kalian jual secara online pun ada banyak jenis. Hampir semua lini barang atau jasa bisa kalian tawarkan selama tidak melanggar peraturan hukum. Untuk lebih detailnya, mari kita bahas peluang usaha untuk mahasiswa jualan online dengan modal minimal dan pendapatan maksimal. Banyak sekali peluang jualan online apabila kita mau menekuni dan sabar menghadapi proses karena tentunya tidak bisa langsung laku.

1. Pakaian atau Outwear

Berjualan pakaian saat ini menjadi subjek jualan yang sangat banyak dilakukan oleh orang dari berbagai kalangan terutama kalangan mahasiswa mahasiswi. Peminat pakaian dengan modelnya yang selalu baru tidak ada habisnya sehingga pakaian menjadi komoditas yang paling banyak dicari. Modal yang harus kalian keluarkan untuk peluang usaha untuk mahasiswa ini juga tidaklah banyak. Cukup dengan 0 rupiah sampai 1.000.000 sudah bisa untuk jualan.

Kalian bisa berjualan dengan modal 0 rupiah jika menerapkan prinsip bayar dahulu baru barang akan dikirim. Dengan begitu, kalian tidak perlu mengeluarkan uang pribadi. Selain itu, sistem tersebut juga aman karena pembeli tidak bisa lari setelah memesan namun setelah barang ada di tangan kita mereka tidak jadi melakukan pembayaran.

Media yang bisa kalian gunakan untuk menawarkan pun sangat banyak mulai dari facebook, instagram, whatsapp, shopee, tokopedia dan bukalapak. Namun untuk shopee, tokopedia dan bukalapak, kalian harus mengeluarkan modal dan kesabaran yang sedikit ekstra karena uang yang dibayarkan oleh pembeli akan tertahan sampai paket yang kita kirimkan diterima oleh pembeli. Hal tersebut membutuhkan waktu 2-7 hari tergantung lokasi pegiriman sehingga modal tidak bisa langsung kembali kepada kita.

2. Kosmetik: peluang usaha untuk mahasiswa wanita

Komoditi lain yang bisa kalian jual adalah kosmetik. Ini sangat pas sebagai peluang usaha untuk mahasiswa terutama perempuan. Dengan modal yang tidak begitu banyak, kalian bisa memperoleh penghasilan yang lumayan besar dari berjualan kosmetik. Berjualan kosmetik pun cukup mudah karena banyak orang yang ingin mempunyai kulit cantik baik laki-laki maupun wanita sehingga untuk mencari pelanggan di dunia maya pun mudah.

Namun kalian harus berhati-hati dalam memilih kosmetik yang akan kalian jual karena efeknya langsung ke penggunanya. Sehingga apabila produk yang kalian jual tidak aman dan menyebabkan iritasi pada penggunanya, kalian bisa dikomplain pelanggan. Hal yang harus kalian pastikan adalah kosmetik yang kalian jual memiliki ijin resmi dari BPOM. Dengan begitu, kalian pun dilindungi oleh produsen atau distributor.

3. Makanan

Selain pakaian dan kosmetik, kalian juga bisa menjual makanan secara online. Jenis makanan yang bisa kalian jual pun beraneka ragam mulai dari makanan basah sampai makanan kering. Berjualan makanan juga mempunyai prospek yang positif karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia sehingga peminatnya akan terus ada. Apalagi dengan banyaknya jajanan baru yang bisa menarik perhatian pengguna sosial media dengan tampilan foto yang menarik.

Salah satu jenis makanan yang mempunyai pasaran cukup luas adalah makanan yang berasa pedas. Jika kita amati, banyak sekali online shop yang menjual makanan pedas. Hal tersebut berarti banyak konsumen yang membeli. Misalnya saja jajanan seperti snack lidi, baso aci pedas, dan masih banyak lagi.

Hal yang harus kalian perhatikan dalam menjual makanan secara online adalah pengemasan saat pengiriman. Kalian harus mempertimbangkan resiko busuk dan remuk di jalan karena jasa ekspedisi tidak bisa menjamin keamanan paket tanpa packing yang aman.

Misalnya saja kalian akan mengirim makanan basah yang notabene cepat busuk atau basi, kalian bisa menggunakan jasa kirim yang menyediakan jasa pengiriman secara kilat. Sedangkan apabila kalian ingin mengirim makanan mudah remuk seperti keripik, kalian harus membungkusnya agar apabila paket tersebut tertindih atau dilempar tidak remuk. Kalian bisa menggunakan bubble wrap atau packing kayu. Namun untuk packing kayu tentu jatuhnya akan sedikit lebih mahal.

4. Sepatu dan Sandal

Sepatu dan sandal juga merupakan komoditi yang cukup banyak peminatnya. Memang tidak sebanyak pakaian, namun berjualan sepatu dan sandal bisa juga dicoba secara online. Hanya bermodalkan gambar, kalian bisa menarik perhatian calon customer dengan cukup mudah. Kalian juga tidak perlu mengeluarkan modal karena kalian bisa menerapkan prnsip pembayaran dulu sebelum barang dikirim.

Untuk menjangkau pasaran yang lebih luas, kalian juga bisa menjual sepatu atau sandal yang kalian rancang sendiri atau pembuatan sesuai permintaan. Tentu saja yang satu ini memerlukan modal karena kalian harus membuatnya sendiri. Namun kalian bisa menjangkau orang lebih banyak karena banyaknya orang yang mempunyai keinginan agar barang yang mereka miliki tidak ada yang menyamai. Peluang usaha untuk mahasiswa ini bukan hanya membutuhkan skil berjualan, tetapi tentu membutuhkan kreativitas.

5. Fashion Muslim: peluang usaha untuk mahasiswa kekinian

Komoditi terakhir yang bisa kalian jual secara online adalah fashion muslim. Kalian bisa menjual fashion muslim wanita saja, pria saja, atau dua duanya. Karena disini yang kalian jual adalah komoditi dari rumpun yang sqma, tentu kalian bisa mendapatkan supplier yang lebih murah, sehingga harga yang kalian patok di pasaran pun tidak perlu terlalu tinggi. Sepertiyang kita tahu, customer selalu mencari barang dengan harga yang murah. Maka peluang usaha untuk mahasiswa ini akan menambah jaringan sosial kamu karena terlibat dengan banyak suplier.

Contoh barang yang bisa kalian jual ada banyak sekali seperti jilbab, sarung, peci, mukena, gams syari dan masih banyak lagi. Kekurangan berjualan fashion muslim ini adalah peminatnya rame saat musim tertentu alias musiman. Misalnya saja akan rame saat puasa dan mendekati lebaran, namun akan sedikit sepi di hari biasa.

Referensi lain:

Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga

Nah, dari 5 pilihan yang sudah penulis sajikan di atas, kalian bisa mencoba salah satu untuk kalian lakukan di rumah. Kalian bisa melakukan peluang usaha untuk mahasiswa ini berbarengan dengan pekerjaan lain sehingga berjualan online ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Apalagi untuk mahasiswa, berjualan online sangat bisa menambah uang jajan kalian. Hal terpentingnya agar jualan kalian laris adalah telaten dan sabar. Selamat mencoba, semoga sukses. Aamiin.

Tinggalkan komentar